“PANTES”INOVASI UNTUK MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PUBLIK DIKECAMATAN PUCAKWANGI

## Info Seputar Kecamatan Pucakwangi.

Kecamatan Pucakwangi Terletak di sebelah tenggara kabupaten pati yang berbatasan dengan kabupaten Blora. Dari 20 desa diKecamatan Pucakwangi 13 Desa adalah kawasan hutan jati yang  berbukit kapur dengan infrastuktur yang kurang memadahi serta tingkat sosial ekonomi relatif rendah, sebagian besar penduduk ber mata pencaharian sebagai petani sawah tadah hujan. Adasatudesa yang bisa diakses hanya dengan melewati wilayah Kabupaten Blora yaitu desa Wateshaji.

Dari catatan lebih dari  60 persen pengguna layanan publik belum mengetahui persyaratan serta tata cara yang benar untuk membuat suatu dokumen. sebagaicontoh, untuk mengurus perubahan KK saja harus bolak balik ke Kecamatan 2 sampai 3 kali.

 

Kondisi  inilah yang menjadikan keprihatinan Ida Nurhayati sebagai Kasi Pelayanan Kecamatan Pucakwangi, bekerjasamadengan Pemerintah Desauntuk mewujudkan bagaimana caranya masyarakat pengguna layanan di Kecamatan Pucakwangi dapat terlayani secara baik, dibentuklah  PANTES.

PANTESadalah suatu tempat dimana serangkaian kegiatan pelayanan surat keterangan/administrasi publik  di tingkat desa yang mana semua proses mulai daripermohonan/penyerahan permohonan, penggolahan berkas permohonanserta penyerahan surat keterangan/administrasi publik yang telah dilegalisasi kepala desa /pejabat yang berwenang  dilakukan di suatu tempat.

Selain itu ditempat ini masyarakat bisa mendapatkan informasi selengkap lengkapnya tentang  persyaratan dan tata cara memperolehproduk layanan administrasi publik yang diinginkan.  Sehingga sampai dikecamatan  pemohon tidak bolak balik untuk melengkapi persyaratan yang kurang.

Namun demikian pembentukan PANTES ini dilakukan secara bertahap, adapun tahap pertama sebagai project pilot adalah Desa Tanjungsekar dengan Dukungan Kepala Desa Drs.IRIYANTO ,Seketaris Desa Sumarlan.SH dan semua Perangkat Desa Tanjungsekar  yang mana telah dilakukan launching awal mei 2019  kemarin. Launching berikutnya direncanakan di Desa Pelemgede dan Desa Lumbungmas diakhir 2019 dan harapannya tahun 2021 sudah terbentuk PANTES di seluruh Desa di Kecamatan Pucakwangi.

Lebih lanjut, Ida mengatakan bahwa “Setelah semua Desa terbentuk PANTES dengan SDM yang memadai, pelayanan akan ditingkatkan dengan pelayanan yang berbasis Daring atau Online”, demikian tuturnya disela kegiatan launching PANTES Desa Tanjungsekar (3/5/2019).

Redaktor ….Seketariat

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan